Anti Virus Indo : Smadav 2009

Smadav 2009 Rev. 4 sudah dirilis. Hampir tidak ada lagi virus lokal yang bisa lolos. Fitur-fitur barunya sangat banyak dan sekarang sedang saya tuliskan. Dan pada Rev. 4 ini Smadav sudah ditambahkan 1 teknologi baru antivirus yang hanya ada di Smadav 2009 Rev. 4, Smad-Lock, Flash-Disk Anda HAMPIR TIDAK MUNGKIN LAGI terinfeksi virus.
Smadav

Smad-Lock

Flashdisk adalah sumber utama penyebaran virus di Indonesia, sebagian besar kasus infeksi virus di Indonesia berasal dari pertukaran flashdisk dari satu komputer dengan komputer lainnya. Jadi, kalau kita mampu menjaga agar flashdisk tidak terinfeksi virus dari komputer lain maka tentunya komputer kita akan aman dan tidak akan sekali-kali terinfeksi virus. Suatu hal yang sangat fatal adalah kalau komputer kita terinfeksi virus impor (seperti conficker, sality, alman, dll). Berbeda kalau komputer terinfeksi virus lokal yang SEMUANYA mudah dibersihkan, virus impor akan sangat sulit dibersihkan, walaupun bisa dibersihkan tapi tetap saja akan meninggalkan bekas yang merusak.

Smadav 2

Jadi, SOLUSI terbaik untuk masalah ini hanya satu, yaitu pencegahan. Hampir semua Virus Lokal & Impor sekarang memanfaatkan flashdisk sebagai sarana penyebarannya, tepatnya dengan membuat file autorun.inf yang diinfeksikan ke flashdisk. Sehingga kalau kita membuka flashdisk tersebut di komputer, virus akan berjalan secara otomatis tepat setelah kita membuka flashdisk. Smad-Lock berhasil membuat flashdisk Anda terkunci HANYA untuk file autorun.inf. Jadi, virus tidak akan mampu membuat file autorun.inf di flashdisk Anda, tentunya setelah flashdisk Anda sudah dikunci oleh Smad-Lock Smadav. Untuk mengaktifkan Smad-Lock Anda, harus mengaktifkan SmaRTP Proteksi Smadav terlebih dahulu. Smad-Lock akan aktif dan mengunci flashdisk Anda otomatis setelah Anda mencolok flashdisk. Jadi, kesimpulannya Smad-Lock telah memutuskan jalur penyebaran virus terbesar di Indonesia.

Tidak hanya sampai disini, setelah Smad-Lock mengunci flashdisk Anda. Smad-Lock juga membuat satu folder di flashdisk Anda, Folder itu bernama Smad-Lock (dengan karakter segitiga bagian kiri dan kanan). Folder Smad-Lock ini adalah folder teraman dari infeksi virus. Virus hampir tidak mungkin dapat memasuki dan menginfeksi folder ini dan semua file di dalamnya. Jadi, semua file yang Anda taruh dalam folder ini SANGAT AMAN dari infeksi virus. Tetapi, Anda tidak boleh me-rename nama folder ini sedikitpun. Folder ini sebaiknya hanya diisi dengan file yang dibuka dengan program buatan microsoft, seperti office (berjenis DOC, XLS, PPT, dan semua file office sejenisnya). Tapi sebenarnya Anda juga dapat mengisi file yang bukan berjenis dokumen office, seperti EXE, ZIP, RAR, tapi sebaiknya ketika Anda membuka file tersebut jangan langsung di dalam folder ini, Anda sebaiknya memindahkan file tersebut keluar folder ini terlebih dahulu sebelum membukanya.

Virus-Virus Baru

Akhir-akhir ini virus lokal mulai kembali mengganas di Indonesia. Virus-virus yang paling banyak menyebar seperti : Nadia Saphira, Yuyun.VBS (Yuyun_Cantix), Legend of Aang. Sebenarnya semua virus ini sudah bisa dideteksi Smadav 2009 Rev. 3 dengan kecerdasan(heuristik)-nya. Tapi, Smadav 2009 Rev 4 jauh lebih kuat untuk memberihkan virus-virus ini sampai ke akar-akarnya, dan semua pembersihan hanya dilakukan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja.

Perbaikan dan Penyempurnaan

Smadav 2009 Rev. 4 telah banyak diperbaiki dan disempurnakan sehingga fitur-fiturnya semakin kuat untuk melibas virus. Inilah daftarnya :

[Fitur Tambahan]

* Database dan heuristik virus Smadav mengenal lebih dari 2000 virus
* Selfcheck, pengecekan file Smadav sendiri agar memberi peringatan jika file Smadav rusak atau terinfeksi virus impor.
* Situs upload virus viri.4shared.com menjadi virus4.com
* Ada pemberitahuan otomatis kalau flashdisk yang dicolok bersih dari virus
* Cintai BAHASA, jadi sekarang Smadav sudah mencampurkan Bahasa Indonesia di Programnya

[Perbaikan]

* Start-up pada Windows Vista
* Error -2147467259 ketika membuka Outlook, atau beberapa program lainnya
* Error 462 ketika melakukan restart explorer
* Error 91 ketika shutdown windows
* False Alarm pada beberapa Software : Chrome, Onet, dan beberapa software lainnya
* Gagal menghapus key registry beserta isinya
* Kesalahan setting Folder MyDocument menjadi default
* False Alarm pada Autorun.inf di dalam CD
* Gagal menampilkan otomatis file karantina
* dan banyak perbaikan-perbaikan lainnya

[Penyempurnaan]

* Perombakan tim baru Smadav dengan 4 divisi Webmaster, MoMod, Viser, dan Designer.
* Pengubahan tampilan form about dan donate.
* SmaRT-Protection semakin cepat dan ringan.
* Penambahan label drive pada treeview “pemilihan folder” dalam tab scanning
* Perubahan kata “Missing” menjadi “Hidden” dalam tab scanning
* Mampu membersihkan total virus top baru seperti : Nadia Saphira, Yuyun.VBS, Legend ofaang, Malingsia.D, dll
* Penyempurnaan metode peng-update-an program Smadav
* Dan beberapa penyempurnaan lainnya

Smadav + Antivirus Lainnya

Walaupun Smadav sendiri sudah mampu mencegah hampir semua virus lokal & impor, Anda sebaiknya menggabungkan Smadav dengan antivirus lainnya. Proteksi Smadav, SmaRT-Protection didesain sempurna untuk dijalankan dengan semua proteksi Antivirus lainnya dalam satu komputer. Smadav sama sekali tidak akan menimbulkan konflik dengan antivirus lain. Namun, jika saat penginstalan Smadav diblokir oleh suatu antivirus lain, Anda harus menon-aktifkan dulu proteksi antivirus tersebut, baru kemudian menginstal Smadav, dan setelahnya Anda dapat menghidupkan lagi proteksi antivirus Anda tersebut. SmaRT-Protection sangat kecil sekali dalam penggunaan CPU dan memori. Jadi, aktifnya proteksi Smadav sama sekali tidak akan mengganggu kinerja PC, ini sangat berbeda dengan kebanyakan antivirus lainnya yang menggunakan terlalu banyak CPU & memori sehingga memperlambat kinerja PC.

link download :

satu

dua

sumber tulisan dari sini

Iklan

2 Tanggapan

  1. gmn caranya untuk menonaktifkan antivirus smadav agar tidak bisa aktif lagi……??

  2. saya punya flashdisk yg didalamnya ada locked protected by SMADAV. tapi akibatnya flashdisknya tak bisa dibaca oleh windows, tak bisa nyimpan file, dan tak bisa diformat. Bgaimana cara menghilangkan fungsi Locked oleh SMADAV itu atau agar flashdisk saya ada lock-nya dan tetap bisa nyimpan file. Tolong infonya, ya mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: